Bupati Bone Hadiri Tudang Sipulung

Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan kerja sama Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan menyelenggarakan Tudang Sipulung Tingkat Kabupaten Bone di Stadion Lapatau Watampone, Kamis 19 September 2019.

Tudang Sipulung ini bertujuan dalam rangka menghadapi Musim Tanam Oktober 2019-Maret 2020. Dalam Kegiatan ini diisi dengan Expo Mini Tani. Acara dibuka langsung Bupati Bone Bpk. Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si.

Turut hadir Ir.Hj.Fitriani, M.P., (Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan), Prof.Dr.Ir.Djafar Baco (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan), Prof. Dr.Ir. Kaimuddin, M.S. (Ahli Agronomi/ Klimatologi dari Unhas).

Hadir pula Direktur Pembiayaan PSP Kementerian Pertanian RI, Ir. Ika Purwani, M.Si., Forkopimda Kab.Bone, para ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Bone, Perusahaan Distributor Pupuk, Penyuluh Pertanian, Tokoh Masyarakat, dan Warga.

Bupati Bone dalam sambutannya berharap yang intinya, mengharapkan melalui Tudang Sipulung ini diperoleh kesepakatan antara pemerintah, petani, kelompok tani, serta para stakeholder khususnya menghadapi musim tanaman mendatang. Selain itu bagaimana upaya meningkatkan produksi tetapi juga yang paling penting adalah kualitas produksi pertanian.

Menurutnya, untuk mencapai produktivitas pertanian tidak hanya mengandalkan teknologi kekinian akan tetapi dibutuhkan keterpaduan teknologi kekinian dan konvensional. Di mana teknologi konvensional bersumber dari kearifan lokal, seperti halnya Pananrang Paggalung.

Oleh karena itu, untuk mencapai tingkat kesejahteraan petani bagaimana meningkatkan produksi itu sendiri dengan biaya serendah-rendahnya.

Inilah salah satu tujuan Tudang Sipulung dengan menghadirkan para ahli riset agar diperoleh pengetahuan yang bisa diaplikasikan dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Bone khususnya menghadapi Musim Tanam Oktober 2019 hingga Maret 2020 mendatang.

Sementara yang menyita perhatian dalam Expo Mini Tani tersebut menampilkan berbagai varietas unggul dan produk-produk hasil pertanian.

Bupati Bone mendong para petani untuk terus berinovasi,  dalam bercocok tanam, agar produksi pertanian meningkat. “Ketika produksi pertanian meningkat, otomatis pendapatan juga meningkat yang tentu berdampak pada tingkat kesejahteraan petani, ” tutupnya

Sumber Bone.go.id